Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13785
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAini, Syarifah-
dc.date.accessioned2020-11-19T06:45:41Z-
dc.date.available2020-11-19T06:45:41Z-
dc.date.issued2020-11-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13785-
dc.description.abstractAdapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa konsep pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan, bagaimana proses implementasi pendidikan karakter melalui AlIslam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Medan, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan karakter, mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan dalam pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan. SMP Muhammadiyah. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini memperhatikan proses dan peristiwa yang sedang berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas dengan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sumber datanya yaitu siswa, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru SMP Muhammadiyah 1 Medan, sedangkan staf sekolah SMP Muhammadiyah 1 Medan merupakan sumber data tambahan atau pendukung dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Konsep penerapan pendidikan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 1 Medan disesuaikan dengan visi SMP Muhamamdiyah 1 Medan sebagai pilihan dan kebanggaan umat. (shaleh, berilmu dan berakhlak mulia) dalam bidang IPTEK maupn IMTAQ. Proses implementasi Nilai karakter melalui Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Medan sebagai upaya pembentukan karakter yang baik, dilakukan dengan adanya keteladanan dan pembiasaan. Faktor pendukungnya adalah sekolah, guru dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambanya adalah keterbatasan waktu belajar, kesibukan orang tua dan lingkungan.en_US
dc.subjectNilai Karakteren_US
dc.subjectAl-Islam dan Kemuhammadiyahan.en_US
dc.titleImplementasi Nilai Karakter Melalui Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SYARIFAH AINI.pdf2.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.