Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13758
Title: Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Penerapan Metode Proyek di RA Ummi Lubuk Pakam
Authors: Novita, Heny
Keywords: kemampuan Sosial;Metode Proyek
Issue Date: 20-Aug-2016
Abstract: Pada anak usia dini ada beberapa aspek perkembangan yang harus di tingkatkan, salah satunya adalah kemampuan sosial. Kemampuan sosial adalah pencapaian kematangan dalam hubungan sosial dan dapat juga diartikan sebagai proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma – norma kelompok, moral dan tradisi, meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan berkerja sama. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sosial anak yaitu melalui penerapan motode proyek. Metode proyek merupakan salah satu motede pemberian pengalaman belajar dengan menghadapkan anak pada kegiatan sehari - hari yang harus dikerjakan secara berkelompok. Permasalahan pada penelitian ini adalah, (1) kurangnya kemampuan anak bersosialisasi dengan temannya, (2) pengelolaan kelas yang kurang tepat sehingga kegiatan pembelajaran hanya didominasi oleh anak - anak yang aktif, (3) anak kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, (4) metode untuk mengembangkan kemampuan sosial yang digunakan guru kurang bervariasi, (5) kurangnya guru memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dalam kegiatan pembelajaran sebagai sumber belajar. Dan (6) kurang tepat penerapan metode proyek yang digunakanoleh guru di dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B RA UMMI Jl.WR. Supratman No 16 Lubuk Pakam. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu, mulai dari persiapan, pelaksanaan tindakan dan penulisan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial anak usia 5 - 6 tahun melalui penerapan metode proyek di RA UMMI Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di RA UMMI Lubuk Pakam. Subjek penelitian adalah anak kelas B Abu Bakar As-Syiddiq yang berjumlah 10 orang. Proses penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil analisa setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menerapkan metode proyek didapat 3 orang anak (30%) yang memiliki kemampuan sosial baik , 6 orang anak (60%) yang memiliki kemampuan sosial cukup baik, dan 1 orang anak (10%) yang memiliki kemampuan sosial kurang baik. Pada siklus ini persentase kemampuan klasikal baru tercapai 30 % pada pertemuan pertama. Pada pertemuan kedua kegiatan kerja kelompok terdapat 40% anak yang memiliki kriteria baik. Hasil analisa pada siklus II, dari 10 orang anak terdapat 3 orang anak (30%) yang memiliki kemampuan sosial baik sekali, 5 orang anak (50%) memiliki kemampuan sosial baik, 2 orang anak (20%) memiliki kemampuan sosial cukup. Tidak ada anak yang memiliki kemampuan social kurang baik dan kurang sekali. Namun pada silus II pertemuan pertama dalam kerja kelompok perbaikan kemampuan sosial anak yang memilki kriteria baik sekali mencapai 60%.Pada siklus ini persentase kemampuan klasikal anak sudah tercapai yaitu sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa melalui penerapan metode proyek dapat meningkatkan kemampuan sosial anak 5 - 6 tahun di TK RA UMMI Lubuk Pakam pada sub tema tanaman. Sebelum dilakukan tindakan kemampuan sosial anak masih rendah, setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh data anak sudah cukup baik namun nilai yang diperoleh anak masih belum mencapai hasil yang maksimal yaitu mulai berkembang. Untuk mencapai tingkat keberhasilan, maka dilakukan perbaikan – perbaikan pengajaran pada siklus II yang pada akhirnya menghasilkan pencapaian berkembang sangat baik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13758
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSIPDF.pdf1.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.