Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13731
Title: Meningkatkan Kemandirian Siswa Melalui Konseling Realitas Untuk Mengatasi Rasa Kurang Percaya Diri Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020
Authors: Sahputri, Nurlela
Keywords: Kemandirian;Konseling Realitas;Rasa Kurang Percaya Diri
Issue Date: 10-Nov-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan kelompok melalui konseling realitas untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok melalui Konseling realitas untuk meningkatkan rasa kurang percaya diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian adalah 8 orang siswa kelas VIII yang memiliki ciri-ciri Rasa kurang percaya diri yang rendah. Sample yang digunakan adalah participant. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan dilakukan nya layanan bimbingan kelompok melalui konseling realitas untuk meningkatkan rasa kurang percaya diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 ternyata telah berhasil dalam memberikan peningkatan rasa kurang percaya diri pada siswa, hal ini dapat dilihat dari cara-cara siswa memberikan saran, masukanmasukan atau dorongan kepada teman sekelompoknya dan juga lebihpercaya diri, kemudian juga dilihat dari perubahan pola pikirkearah yang lebih positif.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13731
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Revisi Skripsi Nurlela Sahputri.pdf2.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.