Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13714
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIdawati-
dc.date.accessioned2020-11-19T04:37:34Z-
dc.date.available2020-11-19T04:37:34Z-
dc.date.issued2016-09-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13714-
dc.description.abstractKegiatan yang dapat membantu mengembangkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun adalah melalui pemberian latihan seperti melempar, menangkap bola dan berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan karena pada usia tersebut mekanisme otot dan syaraf yang mengendalikan motorik anak sedang mengalami perkembangan. Menangkap bola dapat menstimulasi koordinasi tangan dan matanya. Gerakan tangan anak saat memegang bola dapat menstimulasi kemampuan tangan untuk menggenggam, sehingga fungsi-fungsi jari-jemari dan koordinasi kedua tangannya menjadi terasah. Selain mengasah koordinasi mata dan tangan, permainan ini juga dapat melatih konsentrasinya saat ia berusaha untuk menangkap bola dari lawannya. Guru mempunyai peran yang penting dalam pengembangan motorik anak yang dapat dilakukan melalui bermain. Perkembangan motorik khususnya keseimbangan tubuh anak juga termasuk usaha dalam mengoptimalan pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak melalui jenis jenis aktivitas bermain yang mendukung. Rendahnya kemampuan motorik kasar anak diduga disebabkan oleh beberapa hal, seperti kekuatan lengan dan tangan anak yang masih lemah dalam melempar dan menangkap bola, anak belum dapat menyeimbangkan tubuhnya pada saat berdiri dengan satu kaki, dan strategi pembelajaran yang digunakan guru hanya belajar menulis, dan membaca. . Hasil observasi atau pengamatan pada pra siklus jika dirata-ratakan dengan persentase 13,9%. Selanjutnya pada siklus pertama terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain games di lapangan dengan rata-rata persentase 32,4%. Selanjutnya pada siklus kedua terjadi peningkatan kembali dengan persentase 57,4%. Terakhir pada siklus ketiga terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 88.8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Bermain Games di Lapangan Pada Santri RA. Al-Banatu Sholiha Medan Labuhan” yang telah dilakukan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak.en_US
dc.subjectMotorik Kasaren_US
dc.subjectBermain Gamesen_US
dc.subjectDilapanganen_US
dc.titleUpaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain games di lapangan pada santri RA. AL-Banatu Sholiha Medan Labuhanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IDAWATI.pdf1.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.