Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13684
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIman, Nurul-
dc.date.accessioned2020-11-19T04:08:48Z-
dc.date.available2020-11-19T04:08:48Z-
dc.date.issued2016-10-29-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13684-
dc.description.abstractKomunikasi saat ini telah berperan penting terhadap pembentukan citra sebuah perusahaan. Banyak media yang digunakan oleh perusahaan untuk membentuk citra positif perusahaannya, dikarenakan apabila citra perusahaannya bagus maka perusahaan tersebut akan mendapat keuntungan dari segala aspek. Salah satu media yang saat ini sering digunakan oleh berbagai perusahaan besar adalah Company profile. Menurut Rachmat Kriyantono, Company profile merupakan gambaran tentang perusahaan, bisa juga dianggap dapat mewakili perusahaan sehingga publik tidak usah bersusah payah mencari informasi tentang perusahaan. Dapat juga menjadi alat membangun citra agar berbagai kelompok penekan dalam masyarakat mempunyai pemahaman yang benar tentang perusahaan. Hal ini yang menyebabkan perusahaan besar seperti PT.Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I juga menggunakan Company profile sebagai salah satu pembentukan citra positif perusahaannya. Citra dari perusahaan PT.Pertamina saat ini sudah cukup baik ditengah masyarakat, tetapi pihak perusahaan menyadari masih ada juga masyarakat yang tidak sepaham mengenai kebijakan atau kewenangan dari perusahaan. Maka dari itu perusahaan PT.Pertamina memerlukan company profile sebagai filter isu yang beredar di tengah masyarakat. Penelitian ini menggunakan kajian teori komunikasi, proses komunikasi, komunikasi massa, company profile, citra dan sejarah PT.Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana data dan hasil penelitian diperoleh dari hasil wawancara secara mendalam dengan beberapa narasumber, yaitu Manager Humas dari perusahaan PT.Pertamina (persero) MOR I dan 6 masyarakat umum. Pertanyaan yang diajukan dalam wawancara untuk penelitian ini lebih mengarah kepada seberapa sering pihak perusahaan PT.Pertamina membuat company profile. Selain itu, pertanyaan juga mengarah kepada unsur apa yang di gunakan dalam membuat company profile dan bagaimana cara mengetahui company profile yang telah dibuat efektif sesuai target tujuan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan PT.Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I telah membuat company profile yang sangat baik, sehingga dapat merubah pola pikir masyarakat terhadap perusahaan menjadi baik dan membentuk citra positif. Penelitian ini juga menunjukan bahwa company profile yang berbentuk audio-visual lebih disukai oleh masyarakat, dikarenakan lebih menarik dan mudah untuk di pahami.en_US
dc.subjectCompany Profileen_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Company Profile Dalam Membentuk Citra Positif Perusahaan Pertaminaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURUL IMAN.pdf4.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.