Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13681
Title: | Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak melalui Media Buku Gambar Tanpa Kata di RA Al-Jihad Kecamatan Kisaran Timur Kab. Asahan |
Authors: | Khairani, Indah |
Keywords: | Buku Gambar Tanpa Kata;Berkomunikasi |
Issue Date: | 2017 |
Abstract: | Penelitian yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK MELALUI MEDIA BUKU GAMBAR TANPA KATA DI RA AL-JIHAD KECAMATAN KISARAN TIMUR KABUPATEN ASAHAN dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan berkomunikasi anak di RA Al-Jihad Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan ini ditandai anak lebih banyak diam di dalam kelas, baik pada saat pembelajaran berlangsung maupun pada saat anak berada di luar kelas. Penelitian dalam bentuk tindakan kelas ini (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui media buku gambar tanpa kata yang terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui media buku gambar tanpa kata dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak di RA Al-Jihad Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan berkomunikasi anak yaitu pada pra siklus 22,5%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 47,5%, Siklus 2 rata-ratanya 78,7% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 86,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media buku gambar tanpa kata dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13681 |
Appears in Collections: | Early Childhood Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
INDAH KHAIRANI.pdf | 1.05 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.