Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13670
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPangesti, Tri Annisa-
dc.date.accessioned2020-11-19T03:51:19Z-
dc.date.available2020-11-19T03:51:19Z-
dc.date.issued2020-10-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13670-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Active Knowledge Sharing. Subjek penelitian adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Binjai Kab. Langkat kelas XIPA1 yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari :1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3)Pengamatan, 4)Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik soal tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes dari google from. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif. Setelah penelitian tindakan kelas dilakukan, maka terlihat peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil pretes dimana siswa yang tuntas 14 orang (38,89) dari jumlah siswa 36 orang dan setelah dilakukan postes pada siklus I, maka jumlah siswa yang tuntas meningkatkan hasil belajar siswa menjadi 31 orang (86,11%) dan hanya 5 orang (13,89%) yang tidak tuntas. Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasial telah tercapai.Sedangkan hasil observasi kegiatan mahasiswa selama model Active Knowledge Sharing pada siklus I telah mencapai standar minimal yang diharapkan yaitu 75%. Ketuntasan aktivitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 5 orang (13,89%) untuk kriteria tidak baik, 22 orang (61,11%) untuk kriteria cukup, 8 orang (22,22%) untuk kriteria baik dan 1 orang (2,78%) untuk kriteria sangat baik. Sementara pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 2 orang (5,55%) untuk kriteria tidak baik, 20 orang (55,55%) untuk kriteria cukup, 10 orang (27,78%) untuk kriteria baik dan 4 orang (11,12% untuk kriteria sangat baik. Maka model Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Active Knowledge Sharingen_US
dc.subjectKeaktifanen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Active Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Negeri 1 Binjai Kab. Langkat Tahun Ajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Tri Annisa Pangesti (1602060007).pdf6.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.