Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13618
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAzmi, Sofia-
dc.date.accessioned2020-11-19T03:04:32Z-
dc.date.available2020-11-19T03:04:32Z-
dc.date.issued2017-03-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13618-
dc.description.abstractLatar Belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak menghafal huruf hijaiyah di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan anak menghafal huruf hijaiyah melalui metode Numberhead Together di RA Pesantren Modern Daar Al- Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak menghafal huruf hijaiyah melalui metode numberhead together di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum dengan obyek anak-anak RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 9 orang dan anak perempuan 11 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan anak menghafal huruf hijaiyah. Peningkatan kemampuan anak menghafal huruf hijaiyah meningkat secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 26,6%, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil rata-rata kemampuan anak menghafal huruf hijiyah sebesar 47,5 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 73,3 %. Pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata kemampuan anak menghafal huruf hijaiyah sebesar 80 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode Numberhead Together dapat meningkatkan kemampua anak menghafal huruf hijaiyah di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan.en_US
dc.subjectMotode Numberhead Togetheren_US
dc.subjectHuruf Hijaiyahen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Anak Menghafal Huruf Hijaiyah Melalui Metode Numberhead Together di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulumen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
sofia azmi.pdf1.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.