Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13612
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBr.Ginting, Nur Aini-
dc.date.accessioned2020-11-19T03:00:28Z-
dc.date.available2020-11-19T03:00:28Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13612-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenla huruf alfabet anak melalui metode pembelajaran pemetaan pikiran di RA Raudhatul Hasanah Sentang Kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf alfabet melalui metode pembelajaran pemetaan pikiran di RA Raudhatul Hasanah Sentang Kota. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA Raudhatul Hasanah Sentang Kota dengan obyek anakanak RA Raudhatul Hasanah yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 7 orang dan anak perempuan 8 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode pembelajaran pemetaan pikiran dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf alfabet di RA Raudhatul Hasanah Sentang Kota. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan anak mengenal huruf yaitu pada pra siklus 46%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 51%, dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 82,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran pemetaan pikiran dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf alfabet.en_US
dc.subjectHuruf Alfabeten_US
dc.subjectPemetaan Pikiranen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Alfabet Melalui Metode Pembelajaran Pemetaan Pikran di RA Raudhatul Hasanah Sentang Kota Kec. Kisaran Timur Kab. Asahanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NUR AINI BR.pdf18.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.