Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13602
Title: : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) terhadap Kemampuan Menganalisis Kesalahan Penulisan Karangan Persuasi oleh Siswa Kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017. Skripsi. Medan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2017.
Authors: Setio., Onggo
Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran;Problem Based Instruction
Issue Date: 27-Apr-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) kemudian untuk mengetahui penggunaan metode ceramah terhadap kemampuan menganalisis kesalahan penulisan karangan persuasi oleh siswa kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017. Tujuan akhir penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah), terhadap kemampuan menganalisis kesalahan penulisan karangan persuasi oleh siswa kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017. Penelitian ini dilakukan di SMK PAB 8 SAMPALI di kelas XI. Populasi penelitian ini berjumlah 121 siswa dan sampel diambil dengan mengunakan teknik random sampling (acak kelas) sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol berjumlah 30. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara suatu penelitian yang menunjukkan pengaruh suatu metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mengemukakan kembali isi berita, dengan teknik ini peneliti menggunakan harga pada Ttabel sebagai langkah-langkah dalam mengelola hasil data yang diperoleh siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis rangkuman. Hasil penelitian yang dihitung menggunakan uji hipotesis, maka dapat diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa merangkum isi buku ilmu populer yang diajarkan dengan menggunakan teknik pantau, pangkas, padukan, panggil dan menggunakan metode ceramah, hal ini dilihat dari perbandingan nilai rata-rata yaitu pada kelas kontrol nilai rata-rata diperoleh 49,10 dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 97,63. Selanjutnya, dalam pengujian hipotesis diperoleh harga thitung>ttabel (2,38>1,671) artinya nilai thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah), terhadap kemampuan menganalisis kesalahan penulisan karangan persuasi oleh siswa kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13602
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ONGGO SETIO.pdf555.26 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.