Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13596
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Konsep Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Di RA Al-Fajar Jln. Perk. Teluk Manis Desa Silomlom Simpang Empat Kab. Asahan
Authors: SUSTRIANA
Keywords: Kemampuan Konsep Matematika;Pembelajaran Matematika Realistik
Issue Date: 29-Mar-2018
Abstract: Berdasarkan observasi yang telah yang telah peneliti lakukan di RA AlFajar, menunjukkan bahwa dalam pembelajaran meningkatkan kemampuan konsep matematika melalui pembelajaran matematika realistik telah berupaya memberikan pembelajaran yang maksimal maum pembelajaran cenderung hanya pada buku majalah yang dilanjutkan dengan penugasan terhadap anak. Hal ini mengakibatkan anak tidak mempunyai kesempatan untuk menemukan sendiri fakta dan kemampuan matematika melalui pembelajaran matematika realistik dan anak tidak mempunyai kesempatan untuk mengembangkan pendapat serta memecahkan masalah. Anak masih bergantung dari guru dalam memecahkan masalah, maka keterlibatan anak dalam pembelajaran matematika yang meningkat melalui pembelajaran matematika realistik masih menggunakan media alat dan metode yang sederhana, sehingga anak pada kegiatan berlangsung cenderung bermain denga anak lain. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan konsep matematika melalui pembelajaran matematika realistik di RA Al-Fajar sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan anak menunjukkan kemampuan konsep matematika melalui pembelajaran matematika realistik berhasil ditingkatkan. Peningkatan dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase secara keseluruhan dari prasiklus sampai siklus 3. Berdasarkan ketentuan keberhasilan anak adalah BSH dan BSB dengan keberhasilan minimal 80% maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan anak yaitu prasiklus sebesar 30%, selanjutnya siklus I sebesar 50%, selanjutnya siklus II sebesar 70% danpadasiklus III sebesar 90%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13596
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SUSTRIANA.pdf4.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.