Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13582
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAmalia, Putri-
dc.date.accessioned2020-11-19T02:30:44Z-
dc.date.available2020-11-19T02:30:44Z-
dc.date.issued2016-09-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13582-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode Tutor sebaya terhadap kemampuan menulis pantun oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 08 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 08 Medan dengan populasi 64 orang, yakni kelas VII-A berjumlah 32 orang, VII-B berjumlah 32 orang. Dalam penelitian ini, dilakukan pengambilan sampel dengan carasampel total. Kelas VII-A diterapkan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan Metode Tutor Sebaya. Sedangkan kelas VII-B diterapkan sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Berdasarkan teknis analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis pantun pada kelas eksperimen paling banyak berada pada nilai 80-100 yaitu 62,5% artinya kemampuan dari sebagian besar siswa kelas eksperimen berada pada tingkat baik sekali. Pada kelas kontrol kemampuan menulis pantun paling banyak 40-55 yaitu 68.75% artinya kemampuan dari sebagian besar siswa kelas kontrol berada pada tingkat baik. Oleh karena itu, dengan diperoleh harga thitung = 21,28 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 62, maka diperoleh ttabel = 1,66890..Dengan demikian dapat diketahui bahwa thitung>ttabel yaitu 21,28>1,66890. Maka ha diterima dan ho ditolak. Disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh MetodeTutor Sebayaterhadap kemampuan menulis pantunoleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 08 Medan tahun pembelajaran 2016-2017”.en_US
dc.subjectMetode Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Menulis Pantunen_US
dc.titlePengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Menulis Pantun Oleh Siswa Kellas VII SMP Muhammadiyah 08 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Putri Amalia (1202040042).pdf372.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.