Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13575
Title: Efektivitas Strategi Wankat dan Oreovocz Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika SMK Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016
Authors: Juniarni, Kiki
Keywords: Strategi Wankat dan Oreovocz Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika
Issue Date: 19-Oct-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Wankat dan Oreovocz untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang di tinjau dari ketuntasan pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan respon siswa SMK Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XAK SMK Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016, yang berjumlah 24 orang dan menjadi objek penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan belajar matematika dengan model pembelajaran strategi wankat dan oreovocz. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan kualitatif dibantu dengan data kualitatif, instrument yang digunakan adalah tes dan observasi. Dari hasil penelitian efektifan dalam indicator ketuntasan belajar matematika menunjukan bahwa, pada pertemuan pertama ketuntasan belajar klasikal siswa berkisar 70,84% dan berada pada kategori tuntas. Sedangkan pada pertemuan kedua ketuntasan belajar klasikal siswa berkisar 100% dan berada pada kategori sangat tuntas, indicator aktivitas belajar siswa menunjukan bahwa, pada pertemuan pertama persentase aktivitas belajar siswa adalah 71% dan berada pada kategori aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua persentase aktivitas belajar siswa adalah 81% dan berada pada kategori aktif dan pada indicator respon siswa menunjukan bahwa, pada pertemuan pertama persentase respon belajar siswa adalah 77% dan berada pada kategori cukup positif. Sedangkan pada pertemuan kedua persentase respon belajar siswa adalah 81% dan berada pada kategori positif. Berdasarkan rincian hasil penelitian diatas, maka belajar matematika menggunakan model pembelajaran strategi Wankat dan oreovocz pada siswa kelas XAK SMK Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016 dapat meningkatkan kemampuan pemahaman belajar siswa tersebut, pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel yang ditinjaukan dari indicator keefektifan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13575
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
164-Kiki Juniarni.pdf4.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.