Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13571
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAhadiyah, Nur-
dc.date.accessioned2020-11-19T02:22:08Z-
dc.date.available2020-11-19T02:22:08Z-
dc.date.issued2016-10-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13571-
dc.description.abstractObservasi awal pada kelasVIII-A di SMP Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung menunjukkan rendahnya hasil belajar matematika siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika dalam mengerjakan soal-soal matematika dalam bentuk essay. Hasil observasi kelas menunjukkan bahwa banyak siswa yang kurang memahami soal dalam bentuk essay, sehingga mereka kesulitan dalam memecahkan soal-soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika dengan materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar setelah diterapkan model pembelajaran Inquiry Training. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 30 siswa. Model pengumpulan data yang digunakan adalah post-test kelas kontrol dan post-test kelas eksperimen. Hasil post-test kelas kontrol dijadikan parameter pengukur hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Inquiry Training dan hasil post-test kelas eksperimen merupakan parameter pengukur hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Inquiry Training. Berdasarkan data yang telah diolah pada saat post-test kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 72,66 dan setelah diberikan model pembelajaran Inquiry Training saat diadakan post-test kelas eksperimen sebesar 80,33. Peningkatan nilai rata-rata tersebut menandakan bahwa setelah diberikan model pembelajaran Inquiry Training, hasil belajar siswa cenderung meningkat atau jauh lebih baik. Dari uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dan pada taraf 5%, sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa : model pembelajaran Inquiry Training dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung, diterima.en_US
dc.subjectPengaruh Model Inquiry Trainingen_US
dc.titlePengaruh Model Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung T.P 2016-2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.