Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13565
Title: Penggunaan Pendekatan Kolaboratif Tipe Temas Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016
Authors: Suraida
Keywords: Penggunaan Pendekatan Kolaboratif Tipe Temas Games Tournament
Issue Date: 18-Feb-2016
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran dan apakah penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa di kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016 dan untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT)di kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016 yang terdiri dari 40 orang siswa. Objek penelitian ini adalah efektivitas penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tingkat keaktifan belajar dari hasil observasi siswa secara klasikal dengan sebelum menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) rata – rata skor keaktifan belajar siswa adalah 82,06 dan simpangan baku adalah 64,21. Kemudian setelah menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) rata – rata skor keaktifan belajar siswa adalah 148,44 dan simpangan baku adalah 73,2. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji t diperoleh thitung = 2,75 dan ttabel = 1,697 untuk taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,75 > 1,697 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016 efektif ditinjau dari keaktifan belajar siswa dalam mengelola pembelajaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13565
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi suraida.pdf3.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.