Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13553
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIrawan, Wawan-
dc.date.accessioned2020-11-19T02:05:11Z-
dc.date.available2020-11-19T02:05:11Z-
dc.date.issued2017-04-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13553-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di Desa Panatai Tinjau Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang. Metode analisis data yang digunakan untuk permasalahan pertama (1) Untuk melihat bagaimana sistem saluran pemasaran minyak nilam (2) Bagaimana biaya pemasaran nilam (3) Bagaimana efisiensi pemasaran dan Share Margin pada masing-masing saluran pemasaran nilam. Hasil analisis dan pengamatan data yang diperoleh dengan menggunakan jasa lembaga pemasran yang terdiri dari penyuling, pedagang pengumpul dan pedagang besar rata-rata jumlah produksi: yang diperoleh petani dalam semusim adalah nilam kering rata-rata 262 Kg dengan total penerimaan Rp 3.925.000. berdasarkan pembagian hasil yang sudah disepakati 70% dari total penerimaan untuk petani sebesar Rp 2.247.500 dan 30% utnuk penyuling sebesar Rp 1.177.500. diperoleh nilai share margin sebesar 66.7% sedangkan untuk nilai efisiensi pemasaran diperoleh sebesar 12,3% sehingga dapat dikatakan efisien karena adanya perbandingan total pemasaran yang rendah dengan harga jual kepada exportir. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, (1) Sistem pemasaran minyak nilam di daerah penelitian menggunakan jasa lemabaga yang teridi dari penyuling, pedagang pengumpul, pedagang besar (2) lembaga pemasaran yang diperoleh rata-rata biaya pemasaran yang dikeluarkan pedagang pengumpul Rp 40,667/Kg, harga beli ke petani Rp 500.000/Kg. Untuk total biaya pemasaran yang dikeluarkan adalah Rp 51.683/Kg, harga beli dari pedagang pengumpul Rp 600.000/Kg dan harga jual Rp 750.00/Kg sehingga diperoleh keuntungan Rp 98.317/Kg (3) hasil perhitungan diperoleh bahwa Share Margin sebesar 66,7% artinya penentuan besaran harga jual yang dilakukan petani termasuk dalam kategori efisien, karena dengan penetapan nilai harga jual minyak nilam dapat mempengaruhi proses produksi usahatani selanjutnya.en_US
dc.subjectPemasaran Nilamen_US
dc.titleAnalisis Efisiensi Pemasaran Nilam (Progestemon Cablin Bent) (Studi Kasus : Desa Pantai Tinjau Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf247.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.