Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13550
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Moral Agama Anak Melalui Menghafal Asmaul Husna Dengan Metode Jarimatika Di RA Belahan Jiwa Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara
Authors: Rijai, Saipul
Keywords: Moral Agama;, Asmaul Husna,
Issue Date: 2017
Abstract: Penelitian dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan moral agama anak kelompok B di RA Belahan Jiwa Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya sikap moral agama anak di RA Belahan Jiwa Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Moral agama tersebut seperti bersikap baik, sopan, adil dan tidak suka merusak. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui menghafal asmaul husna dengan metode jarimatika dapat meningkatkan moral agama anak di RA Belahan Jiwa Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan moral agama anak yaitu pada pra siklus 23,3%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 51,2%, siklus 2 rata-ratanya 78,5% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui menghafal asmaul husna dengan metode jarimatika dapat meningkatkan moral agama anak di RA Belahan Jiwa Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13550
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SAIFUL-RIJAI.pdf6.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.