Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13447
Title: Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Anak Pada Anak Kelompok B Di RA Nurul Yaqin Medan
Authors: Khalifah, Nurul
Keywords: Eksperimen;Berfikir Kreatif
Issue Date: 6-Apr-2017
Abstract: mengadakan percobaan terhadap sesuatu dan mengamati akibatnya. Misalnya balon ditiup, warna dicampur, air dipanaskan, tanaman disirami atau tidak disirami, dan lain-lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Anak Pada Anak Kelompok B Di RA Nurul Yaqin?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berfikir kreatif anak dalam melakukan kegiatan bereksperimen pada kegiatan kelompok B Di RA Nurul Yaqin. Yang beralamat di Jl. Bukit Barisan I No.74 Kelurahan Glugur Darat I Kec. Medan Timur Kab. Medan Propinsi Sumatera Utara . Objek dalam penelitian ini adalah kelompok B yang terdiri dari 15 anak yaitu 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan menggunakan instrumen observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) , hasil penelitian PTK mengenai penerapan metode Eksperimen untuk meningkatkan berfikir kreatif anak pada anak pada saat Pra siklus 33% tergolong masih sangat rendah, pada siklus 1 naik mencapai 62.3%, siklus 2 meningkat mencapai 64.7% dan pada siklus 3 naik mencapai 82.3%. Hasil pelaksanaan PTK siklus pertama, kedua dan ketiga dapat di simpulkan bahwa kegiatan yang di lakukan melalui metode Eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif anak di kelompok B RA Nurul Yaqin Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13447
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurul Khalifah.pdf3.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.