Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13428
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMardhiyati, Desy-
dc.date.accessioned2020-11-18T08:34:08Z-
dc.date.available2020-11-18T08:34:08Z-
dc.date.issued2016-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13428-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak menggunakan permainan media gambar angka di TK al-Mushthafawiyah Kelurahan Medan Perjuangan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus, dimana dalam masingmasing siklus terdapat empat tahapan yaitu: (1) perencanaan tindakan: (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi tindakan (4) refleksi tindakan. Peneliti ini dilaksanakan secara kaloborasi bersama guru TK al-Mushthafawiyah Kota Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak TK al-Mushthafawiyah Kelurahan Medan Perjuangan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan yang berjumlah 20 anak dan guru TK al-Mushthafawiyah Kota Medan. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kemampuan berhitung dan data tentang prosedur pembelajaran melalui permainan media gambar angka. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui permainan media gambar angka dan mengamati tindakan guru saat menerapkan permainan media gambar angka dan catatan lapangan digunakan untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung dan mencatat semua kejadian yang terjadi diluar perencanaan atau pencatatan permasalahan-permasalahan yang muncul pada waktu dilaksanakan kegiatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif dengan membandingkan hasil indikator pencapaian setiap siklus, dari kondisi prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III untuk mengetahui pembelajaran melalui permainan media gambar angka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung anak di TK al-Mushthafawiyah Kelurahan Medan Perjuangan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil persentase prasiklus 18,75%, siklus I mencapai 36,25%, siklus II mencapai 65%, dan pada siklus III mencapai 87,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah menggunakan media gambar angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK al-Mushthafawiyah Kelurahan Medan Perjuangan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan.en_US
dc.subjectKemampuan Berhitungen_US
dc.subjectMedia Gambar Angka.en_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Gambar Angka 1-10 Di RA/T.I Al-Mushthafawiyah Kota Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.