Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13416
Title: Upaya Meningkatkan Sosialisasi Anak Melalui Permainan Petak Umpet Di RA Hj. Fauziah Binjai
Authors: Pilasari, Ika
Keywords: Sosialisasi;Petak Umpet
Issue Date: Oct-2017
Abstract: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B RA Hj. Fauziah Binjai Tahun Ajaran 2017/2018, dengan jumlah 15 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Penelitian ini didasarkan pada kemampuan sosialisasi anak yang belum berkembang sesuai harapan ketika melakukan pembelajaran. Salah satu cara atau langkah yang diyakini dapat meningkatkan sosialisasi anak yaitu melalui permainan petak umpet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sosialisasi anak melalui permainan petak umpet di RA Hj. Fauziah Binjai. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, dan pada setiap siklusnya harus melalui tahapan-tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil observasi di setiap siklusnya diketahui bahwa telah terjadi peningkatan sosialisasi anak melalui permainan petak umpet. Peningkatan sosialisasi tersebut dapat dilihat dari observasi diawal penelitian sebelum tindakan dilaksanakan, dimana persentase keberhasilannya hanya mencapai 30%. Persentase keberhasilan anak pada siklus I meningkat menjadi 42%, pada siklus II juga terjadi peningkatan menjadi 65% dan penelitian dihentikan pada siklus III karena keberhasilan anak telah mencapai rata-rata nilai yang telah ditentukan yaitu 82%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan sosialisasi anak melalui permainan petak umpet di RA Hj. Fauziah Binjai.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13416
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf3.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.