Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13412
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAdawiyah, Rabiatul-
dc.date.accessioned2020-11-18T08:25:43Z-
dc.date.available2020-11-18T08:25:43Z-
dc.date.issued2017-02-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13412-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Metode Estafet Writing (Menulis Berantai) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016- 2017. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlahn 139 orang, dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah 70 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengaruh metode Estafet Writing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Dalam hal ini siswa menulis teks prosedur secara individu, setelah data dianalisis diketahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal menulis teks prosedur berada pada tingkat “baik” dengan nilai rata rata 75,57 pada kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan menulis teks prosedur pada kelas kontrol berada pada tingkat “cukup” dengan nilai rata-rata 57,10 dan setelah dicari kamampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan rumus uji t deketahui thitung= 7,08. Setelah thitung di peroleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk (n1+n2) -2, dk = (35+35)-2 = 68, maka dapat disimpulakan ttabel = 1,66, oleh karena thitung > ttabel yaitu 7,08 > 1,66. Dengan demikian hipotesis berbunyi “terdapat pengaruh metode Estafet Writing terhadap kemampuan menulis teks prosedur” dapat diterimaen_US
dc.subject“Pengaruh Metode Estafet Writingen_US
dc.subjectMenulis Teks Proseduren_US
dc.titlePengaruh Metode Estafet Writing (Menulis Berantai) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Oleh Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016-2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RABIATUL ADAWIYAH.pdf199.52 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.