Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13356
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYuslinar-
dc.date.accessioned2020-11-18T07:37:29Z-
dc.date.available2020-11-18T07:37:29Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13356-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak mengenal lambang bilangan di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Rendahnya kemampuan anak mengenal lambang bilangan disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak mengenal lambang bilangan melalui media manipulative di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan dengan obyek anak-anak RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum yang memiliki jumlah anak 20 orang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 7 orang dan anak perempuan 13 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan anakmengenal lambang bilangan melalui media manipulatif. Peningkatan kemampuan anak mengenal lambang bilangan mengalami peningkatan secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 21,2 %, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan sains sederhana anak sebesar 50 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 77,5 %. Pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata kemampuan sains sederhana anak sebesar 85 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal lambang bilangan melalui media manipulatif terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal lambang bilangan.en_US
dc.subjectLambang Bilanganen_US
dc.subjectMedia Manipulatifen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Manipulatif di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulumen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YUSLINAR.pdf1.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.