Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13269
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Hamdani-
dc.date.accessioned2020-11-18T06:13:20Z-
dc.date.available2020-11-18T06:13:20Z-
dc.date.issued2017-10-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13269-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah mengenai respon masyarakat terhadap program pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan (Studi di UPT Puskesmas Kotapinang Kecamatan Kotapinang). Respon adalah suatu reaksi atau jawaban yang bergantung pada stimulus atau merupakan hasil stimulus tersebut. Respon masyarakat terhadap pelayanan kesehatan bagi pengguna BPJS belum optimal. Hasil observasi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan bagi peserta BPJS belum baik jika dilihat berdasarkan panjangnnya antrian berobat, sempitnya ruang tunggu, lamanya peserta menunggu waktu operasi, rumitnya proses administrasi, fasilitas kelengkapan medis yang kurang lengkap, dan berita tentang penolakan pasien sering terdengar. Perumusan masalah sangat penting agar penelitian dapat terarah, mengetahui arah batasan penelitian serta dapat meletakkan pokok yang akan dikaji (dibahas) dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap program pelayanan BPJS Kesehatan di UPT Puskesmas Kotapinang Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pasien yang hanya berobat dan pasien yang hanya mengurus surat rujukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik populasi dan sampel, sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan koesioner/angket, observasi, dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian tentang respon masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yaitu 6 dari 10 pasien BPJS mengatakan bahwa pelayanan yang diterima tidak sama dengan pelayanan yang bukan peserta layanan kesehatan BPJS. Dengan adanya penelitian ini dapat memberikan manfaat sebagai wacana ilmiah dan acuan untuk melaksanakan penelitiaan-penelitian yang menyangkut tentang pelayanan kesehatan terhadap pasien serta dapat meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat pengguna BPJS.en_US
dc.subjectRespon Masyarakaten_US
dc.subjectProgram Pelayananen_US
dc.subjectBadan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatanen_US
dc.titleRespon Masyarakat Terhadap Program Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (Studi di UPT Puskesmas Kota Pinang Kecamatan Kota Pinang)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Social Welfare Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HAMDANI HARAHAP.pdf539.45 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.