Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13190
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMaulana, Imam-
dc.date.accessioned2020-11-18T04:54:47Z-
dc.date.available2020-11-18T04:54:47Z-
dc.date.issued2017-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13190-
dc.description.abstractEfek dari suatu media komunikasi merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri audiens akibat terpaan pesan-pesan media. Efek atau perubahan tersebut terjadi pada dua hal yaitu perubahan pada sikap dan perilaku nyata. Perubahan sikap didahului dengan perubahan pengetahuan sedangkan perubahan perilaku nyata ditandai dengan adanya perubahan sikap. Akan tetapi, seringkali pengaruh media massa hanya dibatasi pada isi pesan media tersebut, sehingga akan mengesampingkan pengaruh lainnya. Dalam hal ini efek yang ditimbulkan ketika suka menonton film animasi adalah bentuk perilaku yang berhubungan dengan aktivitas keagamaan individu yaitu salat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan efek dari rasa suka menonton suatu tayangan secara continue terhadap aktivitas salatnya. Penelitian ini juga ingin membuktikan apakah karena suka menonton film animasi bisa membuat aktivitas salatnya menjadi tertunda atau bahkan terlewatkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data yang diperoleh menggunakan kuesioner (Skala Likert) kemudian dilakukan analisis linier sederhana untuk mengetahui hubungan yang ada antara variabel dependen dengan variabel independen. Uji t dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh yang masing-masing variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu suka menonton film animasi ternyata memilik efek terhadap aktivitas salat pada individu yang diteliti. Hal ini dikarenakan rasaketertarikannya yang cukup besar terhadap tayangan tersebut. Rasa ketertarikan ini bisa dilihat dari durasi menonton, perhatian dan rela meninggalkan aktivitas lainnya hanya untuk menonton film animasi. Semakin besar rasa ketertarikan tersebut maka semakin besar pula potensi individu untuk menunda salatnya. Hasil uji korelasi Product Moment r hitung lebih besar dari pada r tabel. Ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh hubungan yang sangat rendah antara variabel terikat X (Pengaruh Film Animasi) terhadap variabel bebas Y (Aktivitas Shalat Maghrib). Dengan demikian dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel, maka Ho di terima artinya tidak ada pengaruh antara variabel bebas (X) pengaruh film animasi terhadap variabel terikat (Y) aktivitas shalat Maghrib. Selanjutnya besarnya presentase hasil hitungan koefisien determinasinya rendah namun pasti dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dan regresi linier dari distribusi jawaban terendah hingga tertinggi meningkat.en_US
dc.subjectSuka Menontonen_US
dc.subjectAktivitas Shalaten_US
dc.titlePengaruh Film Animasi Di Global Tv Terhadap Aktivitas Ibadah Shalat Maghrib Di Lingkungan Madrasah Alikhlas Taqwa Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.