Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13181
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLestari, Desi-
dc.date.accessioned2020-11-18T04:49:37Z-
dc.date.available2020-11-18T04:49:37Z-
dc.date.issued2017-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13181-
dc.description.abstractKognitif merupakan tingkah laku yang mengakibatkan orang memperoleh pengetahuan atau yangdibutuhkan untuk menggunakan pengetahuan. Perkembangan kognitif menunjukan perkembangan dari cara anak berpikir untuk menyelesaikan berbagai masalah dapat dipergunakan sebagai tolak ukur pertumbuhan kecerdasan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan kognitif anak pada kelompok B di RA AR Rohman Kabupaten Simalungun. Ditemukan permasalahannya yaitu masih banyak anak yang belum mampu mencapai indikator kemampuan kognitif khususnya dalam permainan matematika. Hal ini disebabkan karena proses belajar yang masih bersifat konvensional, dimana guru masih menggunakan media buku yang menjenuhkan. penyebab yang mengakibatkan kondisi awal sehingga kemampuan kognitif anak kurang maksimal . Terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah kegiatan permainan matematika dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di RA AR Rohman Kabupaten Simalungun. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengupayakan peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan permainan matematika pada anak kelompok B RA Rohman Kabupaten Simalungun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisa pada pra siklus diketahui bahwa kemampuan kognitif anak anak khususnya dalam kegiatan permainan matematika rata-rata hanya sebesar 30,00%, sedangkan pada siklus 1 sebesar 45,00% , pada siklus 2 sebesar 67,50% dan pada siklus 3 kemampuan kognitif anak sudah meningkat yaitu rata-rata sebesar 81,25%. Berdasarkan data tersebut maka peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan permainan matematika dikatakan berhasil, makadengan ini dinyatakan bahwa hipotesis dapat diterima.en_US
dc.subjectkognitifen_US
dc.subjectpermainanen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemmapuan Kognitif Anak Melalui Permainan Matematika di RA AR Rohman Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DESI LESTARI.pdf5.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.