Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13123
Title: Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Metode Discovery Learning Pada Santri RA. Nurul Iman Kecamatan Medan Belawan
Authors: Iyusni
Keywords: Kemampuan;Membaca
Issue Date: Sep-2016
Abstract: Kegiatan membaca merupakan bentuk manifestasi kemampuan berbahasa yang dikuasai setelah kemampuan menyimak dan berbicara. Dibandingkan dengan kedua kegiatan tersebut, keterampilan membaca jauh lebih sulit menguasainya. Hal ini disebabkan kemampuan membaca menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan dan non kebahasaan. Mengingat sulitnya menguasai kedua keterampilan tersebut, maka seorang guru atau pengajar harus memiliki penguasaan strategi pembelajaran yang baik dan tepat. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari 5 kali pertemuan kecuali siklus III, Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pengambilan data di lapangan menggunakan lembar observasi yang berupa check list dan dokumentasi dengan bentuk observasi beleum berkembang, mulia berkembang, berkembang sesuai harapan, dan berkembang sangat baik. Pengambilan data tersebut dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak melalui metode Discovery Learning, dengan standart keberhasilan minimal 80% dan keberhasilan minimal berkembang sangat baik (BSB). Hasil pengamatan pada pra siklus, hingga siklus ke tiga dapat dilihat dari rata-rata persentase yang diperoleh anak secara keseluruhan pada kriteria berkembang sangat baik. Hasil persentase rata-rata secara keseluruhan pada pra siklus adalah 10,7%, pada siklus I terjadi peningkatan dengan hasil ratarata 32,1%, pada siklus II 55,9%, dan pada siklus III terjadi peningkatan puncak dengan rata-rata 86,8%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13123
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.