Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13097
Title: Analisa Pengaruh Variasi Celah Elektroda Busi Terhadap Performa Sepeda Motor Honda New Supra Fit 100 CC
Authors: Purba, Irvan Nurhadi
Keywords: Dynotest/dynamometer
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Perkembangan teknologi pada kendaraan bermotor untuk meningkatkan performa mesin bisa didapatkan dengan memaksimalkan pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Hal ini dapat dilakukan dengan memaksimalkan kinerja dari percikan bunga api dari busi agar campuran bahan bakar dan udara bisa terbakar dengan sempurna. Pembakaran yang sempurna akan menyebabkan kinerja motor menjadi meningkat. Meningkatnya performa sepeda motor dipengaruhi oleh celah elektroda busi. Metode pengujian yang dilakukan menggunakan celah elektroda busi 0,70 mm, 0,90 mm, dan 0,50 mm pada putaran 5000 sampai 9000 rpm, terhadap Daya, terhadap Torsi, terhadap Konsumsi Bahan Bakar, terhadap Voltase dan terhadap Ampere. Pada hasil pengujian Torsi (N.m), Daya (Watt), Konsumsi Bahan Bakar (gr/kw,detik), Voltase (Volt), dan Arus (Ampere) pada kinerja mesin 4 langkah Honda Supra Fit 100 cc dengan menggunakan 3 variasi celah elektroda busi didapat hasil Celah Elektroda Busi 0,50 mm memiliki nilai Torsi, Daya, Voltase, dan Ampere tertinggi dengan besar Torsi 5,1993 N.m, Daya 2721,35 Watt, Voltase 61,72 Volt, dan Arus 44,09 Ampere pada putaran mesin 5000 rpm. Sedangkan pada Konsumsi Bahan Bakar berdasarkan 3 variasi celah elektroda busi didapat hasil Celah Elektroda Busi 0,90 mm memiliki nilai tertinggi dengan besar 0,16 gr/kw.detik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13097
Appears in Collections:Mechanical Engineering



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.