Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13096
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNovitasari-
dc.date.accessioned2020-11-18T03:56:52Z-
dc.date.available2020-11-18T03:56:52Z-
dc.date.issued2017-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13096-
dc.description.abstractSkripsi Program Guru Raudhatul Athfal di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Refleksi dilakukan untuk mengkaji kelebihan dan kekurangan serta menentukan ada tidaknya siklus selanjutnya. Meningkatkan kemandirian anak kelompok B menjadi kendala bagi guru di RA Ichwanul Ridho. Hal ini dikarenakan sebagian anak-anak kurang percaya diri, belum mampu mengerjakan tugas sendiri dan kurang antusias dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelompok B RA Ichwanul Ridho Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dilaksanakan dapat meningkatkan kemandirian anak. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang digunakan dalam pembelajaran merupakan pembelajaran yang menyenangkan, anak melihat langsung apa yang dipelajarinya. Hal ini terlihat dari meningkatnya kemandirian anak berdasarkan nilai dari data prasiklus 19,99%, siklus I meningkat menjadi 31,66%, siklus II meningkat menjadi 61,66% dan siklus III meningkat menjadi 86,66%. Berdasarkan data tersebut maka peningkatan kemandirian anak melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) dikatakan efektif.en_US
dc.subjectkemandirianen_US
dc.subjectModel Contextual Teaching and Learning (CTL),en_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok B di RA Ichwanul Ridho Medan Tahun Pelajaran 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.