Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13054
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorGinting, Muhammad Safran-
dc.date.accessioned2020-11-18T03:28:26Z-
dc.date.available2020-11-18T03:28:26Z-
dc.date.issued2017-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13054-
dc.description.abstractMotor bakar adalah salah satu jenis mesin kalor, yaitu mesin yang mengubah energi termal untuk melakukan kerja mekanik atau mengubah tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga mekanis. Sebelum menjadi tenaga mekanis, energi kimia bahan bakar diubah dulu menjadi energi termal atau panas melalui pembakaran bahan bakar dengan udara. Pembakaran ini ada yang dilakukan di dalam mesin kalor itu sendiri dan ada pula yang dilakukan di luar mesin kalor. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan performa motor yang berbahan bakar premium dan motor yang berbahan bakar pertamax . Variasi rpm dilakukan untuk mengetahui perbedaan daya, torsi dan emisi gas buang motor yang berbahan bakar premium dan pertamax . Kemudian diberikan perlakuan variasi putaran mesin mulai dari 1750 rpm, 2000 rpm, 2250 rpm, 2500 rpm, 2750 rpm, 3000 rpm dan 3250 rpm. Pengujian daya dan torsi menggunakan dynotest sedangkan pengujian emisi gas buang menggunakan gas analyzer. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Uji hipotesis dilakukan menggunakan metode deskriptif. Data hasil penelitian dianalisis dengan cara mendeskripsikan dan merangkum hasilhasil penelitian dalam bentuk grafik dan tabel dengan menggunakan Software Microsoft Excel Hasil penelitian menunjukkan nilai oktan dari bahan bakar pada putaran 1750 rpm untuk torsi paling tinggi sebesar 18,6 Nm (pertamax),daya tertinggi diputaran 2000 Rpm sebesar 3,5 kW, diperoleh kadar emisi gas buang paling rendah dan kadar emisi gas buang tertinggi diperoleh pada putaran 3250 rpm. Untuk kadar emisi gas CO bahan bakar : Premium dengan nilai oktan 88 adalah 2,495 dan Pertamax dengan nilai oktan 92 adalah 0,282 pada putaran Rpm 1750. Begitu pula dengan gas C02 untuk premium 4,53 dan pertamax sebesar 0,22 gas HC premium sebesar 159 dan pertamax sebesar 30.Sedangkan 02 untuk premium sebesar 18,53 dan untuk pertamax sebesar 20,60. Efek dari variasi putaran mesin serta penggunaan bahan bakar yang nilai oktannya berbeda akan mempengaruhi karakteristik emisi gas buang, setelah di analisis dengan grafik menunjukkan perbedaan yang signifikan, gas CO, HC, C02 ^an O . Nilai oktan bahan bakar dan variasi putaran mesin berpengaruh signifikan terhadap karakterisitik emisi gas buangen_US
dc.subjectBahan bakar premiumen_US
dc.titleAnalisa Performa Motor Berbahan Bakar Premium Dan Motor Berbahan Bakar Pertamaxen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SAPRAN NPM 1007230186.pdf6.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.