Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13031
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiregar, Fitri Lestari-
dc.date.accessioned2020-11-18T03:05:05Z-
dc.date.available2020-11-18T03:05:05Z-
dc.date.issued2017-03-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13031-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain peran di kelompok B RA ROBBANI Rantauprapat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga Siklus. Subjek penelitian ini yaitu 17 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak meningkat melalui metode bermain peran. Anak menentukan peran yang diinginkannya sendiri, anak mampu berperan sesuai peran yang dimainkannya, mandiri dalam menggunakan peralatan bermain peran, anak mampu merapikan mainan setelah bermain peran. Hasil observasi pra siklus, sebagian besar kemandirian anak berada pada kriteria Belum Berkembang (BB) 36,76%. Pasca Siklus I sebagian besar kemandirian anak berada pada kriteria Mulai Berkembang (MB) 44,11%. Pasca Siklus II kemandirian anak berada pada kriteria Mulai Berkembang (MB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 79,40 dan pasca siklus III kemandirian anak berada pada 91,17% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB).en_US
dc.subjectkemandirianen_US
dc.subjectanaken_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemandirian Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada TK B RA ROBBANI Rantauprapaten_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FITRI LESTARI SIREGAR.pdf2.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.