Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13022
Title: Konsep Diri Mahasiswa Sebagai Pengguna Aktif Media Sosial Snapchat (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Konsep Diri Mahasiswa FISIP USU Sebagai Pengguna Aktif Media Sosial Snapchat)
Authors: Harahap, Yolanda
Keywords: Konsep diri;Mahasiswa;Snapchat
Issue Date: 15-Mar-2017
Abstract: Penelitian ini berjudul Konsep Diri Mahasiswa Sebagai Pengguna Aktif Media Sosial Snapchat (Studi Deskriptif Kualitatif Konsep Diri Mahasiswa FISIP USU Sebagai Pengguna Aktif Media Sosial Snapchat. Konsep diri merupakan pandangan atau penilaian tentang diri sendiri baik secara fisik, psikologis, maupun sosial. Pandangan atau penilaian tentang diri sendiri ini, dirasakan melalui proses interaksi sosial yang dilakukan seseorang dalam kesehariannya. Interaksi sosial yang dilakukan seseorang di era sekarang, tidak lepas dari penggunaan media sosial. Penelitian ini menggunakan media sosial snapchat sebagai objek untuk diteliti. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan memahami konsep diri yang ditunjukan Mahasiswa FISIP USU sebagai pengguna aktif media sosial Snapchat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah Snapchat berperan sebagai media dalam menunjukkan konsep diri mahasiswa. Mahasiswa membentuk citra diri yang mereka inginkan saat mengeposkan video dan foto kesehariannya melalui media sosial Snapchat. Terdapat tiga motif mahasiswa dalam pengunaan Snapchat, yakni motif sharing, motif ekspresi diri, dan motif populer. Konsep diri mahasiswa terbagi menjadi dua kelompok yaitu konsep diri yangn memiliki sikap real dan konsep diri ideal. Mahasiswa mampu bersikap ganda dalam kehidupan sehari-hari dengan kehidupan di media sosial mereka.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13022
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SP-1303110184.pdf3.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.