Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13014
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSuhartika, Eli-
dc.date.accessioned2020-11-18T02:49:24Z-
dc.date.available2020-11-18T02:49:24Z-
dc.date.issued2017-10-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13014-
dc.description.abstractMasalah penelitian ini adalah siswa tidak mampu menulis paragraf argumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2016-2017 berjumlah 200 siswa terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling kelas, kelas yang terpilih menjadi sampel pada penelitian ini yaitu kelas X-1 dan X-2 masing-masing 40 siswa. kelas X-1 belajar menggunakan model pembelajaran think talk write sedangkan X-2 belajar menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes esai. Hipotesis dibuktikan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis paragraf argumentasi setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran think talk write memperoleh nilai rata-rata 79,16 termasuk dalam kategori baik, sementara kemampuan menulis paragraf argumentasi menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 64,78 termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,13 > 1,66 maka Hα diterima HO ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2016- 2017en_US
dc.subjectThink Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi oleh Siswa Kelas X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
70-Eli Suhartika. 1302040099. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write.pdf1.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.