Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12953
Title: Pengaruh Teknik Pembelajaran Kalimat Mengalir terhadap Kemampuan Menulis Kembali Dongeng oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017
Authors: Yulia, Yul
Keywords: Kemampuan Menulis Kembali Dongeng
Issue Date: 18-Oct-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Pembelajaran Kalimat Mengalir terhadap Kemampuan Menulis Kembali Dongeng oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017, yang berjumlah 68 orang yang terdiri dari dua kelas. Kemudian kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara teliti terhadap objek penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa tes, yaitu esai yang digunakan dalam bentuk teks dongeng.Hasil uji penelitian ini adalah kemampuan menulis kembali dongeng dengan menggunakan teknik kalimat mengalir siswa dikonversikan dengan peringkat persentase nilai pada kelas eksperimen yaitu 52,94% (18 orang) memperoleh kategori baik sekali, 38,24% (13 orang) memperoleh kategori baik, dan 8,82% (3 orang) memperoleh kategori cukup, diperoleh nilai rata-rata 78,02 termasuk dalam kategori baik. Kemampuan menulis kembali dongeng dengan menggunakan ceramah siswa dikonversikan dengan peringkat persentase nilai pada kelas kontrol yaitu 12% (4 orang) memperoleh kategori baik sekali, 42% (14 orang) memperoleh kategori baik, dan 20% (7 orang) memperoleh kategori cukup, 20% (7 orang) memperoleh kategori kurang, dan 6% (2 orang) memperoleh kategori sangat kurang, diperoleh nilai rata-rata 63,08 termasuk dalam kategori cukup. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik kalimat mengalir terhadap kemampuan menulis kembali dongeng oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017. Hal ini membuktikan ada pengaruh teknik kalimat mengalir terhadap kemampuan menulis kembali dongeng oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12953
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.