Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12952
Title: Pengaruh Teknik Pembelajaran Kunjungan Lapangan Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2016-2017
Authors: Anggraini, Nuri
Keywords: Kunjungan Lapangan Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi
Issue Date: 18-Oct-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh teknik pembelajaran kunjungan lapangan terhadap kemampuan menulis paragraph deskripsi oleh siswa kelas X SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian berjumlah 60 siswa yang terdiri atas dua kelas. Dari seluruh populasi ditetapkan sampel sebanyak 60 siswa yakni kelas X.1 DAN X.2 masingmasing sebanyak 30 siswa. Kelas X.1 yang belajar menggunakan teknik pembelajaran kunungan lapangan sedangkan kelas X.2 belajar menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menemukan nilanilai yang terkandung dalam cerpen setelah perlakuan menggunakan teknik pembelajaran kunungan lapangan rata- rata 77,10 termasuk dalam kategori A (baik sekali), sementara kelompok siswa menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 65,08 termasuk kategori D (kurang). Berdasarkan penghitungan dengan uji “t” diperoleh nilai thitung = 4,82 kemudian dikonsultasikan penghitungan dengan tabel t pada taraf signitifikan 5 % dengan dk =(n1 + n2 – 2) ternyata t hitung yang diperoleh lebih besar ttabel yaitu 4,82 > 1,67 sehingga hipotesis diterima. Terdapat pengaruh teknik pembelajaran kunungan lapangan terhadap kemampuan menulis paragraph deskripsi oleh siswa kelas X SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan tahun Pembelajaran 2016-2017. Pengaruh teknik pembelajaran kunungan lapangan lebih besar dibandingkan dengan pengaruh metode cermah
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12952
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
proposal skripsi .pdf1.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.