Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12921
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Menulis Teks Pengumuman oleh Siswa Kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017
Authors: Adzani, Emma Nur
Keywords: Modelling The Way
Issue Date: 20-Apr-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Menulis Teks Pengumuman oleh Siswa Kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini berjumlah 150 siswa yang terdiri atas empat kelas. Sampel diambil secara random terpilih VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-4 sebagai kelas kontrol. Masingmasing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 35 siswa, jadi total sampel yang diteliti sebanyak 70 siswa. Kelompok VII-2 yang belajar menggunakan model pembelajaran Modelling The Way sedangkan kelompok VII-4 belajar tanpa menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, untuk menguji hipotesis digunakan statistik komparasi. Instrumen penelitiannya berupa tes kemampuan menulis teks pengumuman berbentuk esai. Analisis data menggunakan rumus uji t-tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks pengumuman setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way memperoleh nilai rata-rata 75,14 termasuk kategori B (baik), sementara kelompok siswa tanpa menggunakan model pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 66 termasuk dalam kategori C (cukup). Berdasarkan penghitungan uji “t” diperoleh nilai thitung = 4,64 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (N1 + N2 – 2) ternyata thitung yang diperoleh hasil lebih besar dari ttabel yaitu 4,64 > 1,6676 sehingga hipotesis diterima. Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Menulis Teks Pengumuman oleh Siswa Kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Pengaruh model pembelajaran Modelling The Way lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tanpa menggunakan model pembelajaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12921
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.