Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12914
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSitepu, Junaidi-
dc.date.accessioned2020-11-18T01:16:21Z-
dc.date.available2020-11-18T01:16:21Z-
dc.date.issued2017-04-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12914-
dc.description.abstractMasalah penelitian ini adalah siswa kurang mampu mengonversi teks observasi menjadi puisi yang disebabkan oleh kurang menariknya dan tidak efektifnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning terhadap kemampuan mengonversi teks observasi menjadi puisi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 berjumlah 62 orang yang terdiri dari 2 kelas. 48 orang kelas X-MS2 sebagai kelas eksperimen dan 14 orang kelas X-MS1 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain post-test only control design dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes esai. Kemampuan mengonversi teks observasi menjadi puisi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 dengan menggunakan model project based learning pada kelas eksperimen berada pada kategori baik karena 15 siswa (31,25%) mendapatkan interval nilai 66-79, sedangkan kemampuan mengonversi teks observasi menjadi puisi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 dengan menggunakan model konvensional pada kelas kontrol berada pada kategori kurang karena 5 siswa (35,7%) mendapat interval nilai 40-54. Berdasarkan uji-t diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,205 > 2,000. Dengan demikian H 0 ditolak dan H a diterima yang berarti ada pengaruh model project based learning tehadap kemampuan mengonversi teks observasi menjadi puisi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016- 2017.en_US
dc.subjectProject Based Learning terhadap Kemampuan Mengonversi Teks Observasien_US
dc.titlePengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Mengonversi Teks Observasi Menjadi Puisi oleh Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.