Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12908
Title: Analisa Peningkatan Jalan Putri Ijo Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah (Studi Kasus)
Authors: Hidayat, Firman
Keywords: Perkerasan kaku;SNI Pd T-14-2003
Issue Date: 20-Mar-2017
Abstract: Perkerasan jalan raya adalah campuran antara agregat dan bahan ikat yang digunakan untuk mendukung beban lalu lintas. Agregat yang dipakai adalah batu pecah, batu belah dan batu kali. Bahan ikat yang dipakai seperti aspal, semen, dan tanah liat. Dalam konstruksi perkerasan kaku, struktur utama perkerasan adalah lapisan pelat beton. Perkerasan jalan beton semen atau perkerasan kaku, dapat dilaksanakan pada kondisi daya dukung tanah dasar yang kurang baik, atau beban lalu lintas yang harus dilayani relatif besar, maka dibuat solusi dengan konstruksi perkerasan kaku. Pembangunan ruas Jalan Putri Ijo Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah dengan paket pekerjaan dimulai dari 0+000 sampai dengan 0+540. Maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah agar dapat memahami dan mengetahui langkah-langkah perhitungan yang diperlukan dalam merencanakan tebal perkerasan jalan. Dengan berlandaskan pada permasalahan maka tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut “menganalisa Peningkatan Ruas Jalan Putri Ijo Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah untuk umur rencana 20 tahun mendatang”. Maksud dan tujuan dari menganalisa tebal perkerasan ini adalah untuk mengetahui berapa tebal perkerasan yang dibutuhkan pada ruas Jalan Putri Ijo Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Data tebal perkerasan yang diperoleh dari CV. Bintang Mandiri Consultan adalah Pelat Beton = 20 cm, lean Concrete = 10 cm, Urugan pilihan = 20 cm. Metodologi perhitungan analisa data dalam tugas akhir ini menggunakan metode SNI Pd T-14-2003 dan metode AASHTO 1993. Hasil perhitungan metode SNI Pd T-14-2003 didapat tebal Pelat Beton = 18 cm, Lean Concrete = 10 cm, Urugan pilihan = 20 cm. Hasil perhitungan metode AASHTO 1993 didapat tebal Pelat Beton = 35,56 cm, Lean Concrete = 10 cm, Urugan pilihan = 20 cm
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12908
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PDF SKRIPSI LENGKAP.pdf5.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.