Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12885
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorOktaviana, Roza-
dc.date.accessioned2020-11-17T09:20:37Z-
dc.date.available2020-11-17T09:20:37Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12885-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing lebih baik dari kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model konvensional pada siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017? (2) Apakah pembelajaran matematika melalui model snowball throwing efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017? Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing lebih baik dari kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model konvensional pada siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. (2) Untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika melalui model snowball throwing efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilihsecara acak, untuk itu sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 4 dan kelas X MIA 14, dimana kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan model snowball throwing berjumlah 38 siswa dan kelas X MIA 14 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional berjumlah 38 siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 39,00 dan nilai posttest adalah 75,71 sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata nilai pretest adalah 35,39 dan nilai posttest adalah 65,82. Dan hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh harga hitung thitung = 4,629 dengan perhitungan spss diperoleh nilai sig 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Lalu dengan menggunakan uji gain didapat g faktor dari kelas eksperimen sebesar 0,70 berada dalam kategori tinggi, sedangkan uji gain didapat g faktor dari kelas kontrol sebesar 0,6 berada dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017.en_US
dc.subjectEfektifitasen_US
dc.subjectModel Snowball Throwingen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Matematikaen_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Model Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa SMA Negeri 3 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ROZA OKTAVIANA.pdf2.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.