Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12882
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDeliana-
dc.date.accessioned2020-11-17T09:19:18Z-
dc.date.available2020-11-17T09:19:18Z-
dc.date.issued2017-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12882-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih baik dari siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2016/2017? dan apakah Penggunaan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2016/2017?. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII dengan sampel penelitian dua kelas di SMP Swasta PGRI 3 Medan yang dipilih secara acak sederhana (simple random sampling) yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran TAI. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan posttest yang berbentuk essay tes dan berjumlah 10 soal. Berdasarkan analisa data kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran Team Assisted Individualizaton, nilai rata-rata siswa meningkat dari 36,25 pada pretest menjadi 70,38 pada posttest atau meningkat sebesar 34,13. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 23,03 yaitu dari 35,39 menjadi 38,62 pada posttest. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 6,98. Selanjutnya harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan   0,05 , maka diperoleh ttabel = 2,006. Dengan demikian dapat dikatakan thitung > ttabel yaitu 6,98 > 2,006. Sedangkan nilai gain pada kelas eksperimen sebesar 0,54 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol sebesar 0,35 dengan kriteria rendah. Berdasarkan pengujian hipotesis dan uji gain diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2016/2017.en_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectTeam Assisted Individualization (TAI)en_US
dc.subjectBerpikir Kreatifen_US
dc.titleKeefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DELIANA.pdf2.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.