Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12875
Title: Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal – Soal Matematika Pada Materi Aljabar di SMP An-Nadwa Islamic Centre Binjai Tahun 2017
Authors: Marliani, Erlis
Keywords: Analisis Kesulitan Siswa;Operasi bentuk Aljabar
Issue Date: Mar-2017
Abstract: Analisis adalah proses merangkum sejumlah besar data yang masih mentah menjadi informasi yang dapat di interpretasikan. Operasi bentuk aljabar merupakan salah satu mata pelajaran yang di ajarkan kepada siswa kelas VIII-1 SMP An-Nadwa Islamic Centre Binjai sesuai dengan pedoman pendidikan yang ada di Indonesia. Namun, pada kenyataanya , banyak siswa yang kesulitan memahami materi operasi hitung benuk aljabar., mereka masih cenderung menghafal dalam menguasai materi tanpa memahaminya. Mengingat hal tersebut penullis melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal – Soal Matematika Pada Materi Aljabar di SMP An-Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa di kelas VIII-1.mencari tahu kesulitan yang di alami oleh siswa kelas VIII-1 Smp An-Nadwa Islamic Centre binjai pada materi bentuk aljabar, dan penyebab kesulita yang di alami oleh siswa dalam menyelesaikan soal –soal aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 Smp An-Nadwa Islamic Centre binjai sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang di gunakan berupa tes essay dan wawancara. Hasil wawancara adalah ; (1) materi yang sulit di pahami ; (2) pemahaman konsep bentuk aljabar yang masi tergolong rendah ; (3) kemampuan siswa yang masih rendah : (4) kurang banyaknya latihan soal pengerjaan tentang materi aljabar ; (5) kurang luasnya wawasan berupa contoh –contoh soal materi aljabar yang masi sangat minim di ajarkan ; (6) metode penyampaian materi yang belum sesuai. Berdasarkan analisis data yang dilakukan di simpulkan penyebab yang di alami oleh siswa antara lain karena ; (1) siswa hanya mengandalkan hafalan konsep , ; (2) siswa lemah terhadap pemahaman dan terbatasnya pengetahuan terhadap operasi aljabar ; (3) minimnya pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap maksud dari soal.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12875
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRISPSI ERLIS MARLIANI.pdf1.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.