Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12865
Title: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Matematika pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018
Authors: Ramadani, Yulia Sri
Keywords: aktor yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Matematika
Issue Date: Oct-2017
Abstract: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kompetensi, mempengaruhi efektivitas belajar matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018. Untuk mengetahui apakah fokus pada pelajaran mempengaruhi efektivitas belajar matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018.Untuk mengetahui apakah hubungan guru dengan siswa mempengaruhi efektivitas belajar matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 75 siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIIa dan VIIb yang berjumlah 75 orang.0 Variabel bebas (X) adalah faktor yang mempengaruhi efektivitas belajar matematika pada siswa yang terdiri dari 5 variabel yaitu Kompetensi siswa (X1), Fokus pada pelajaran (X2) , Motivasi belajar (X3), Hubungan guru dengan siswa (X4), dan Cara belajr siswa (X5). Pada penelitian yang dilakukan oleh penulis, Variabel Dependen (Y) adalah Efektivitas Belajar Matematika. Dari penelitian diperoleh hasil nilai component matriks untuk faktor kompetensi (faktor 1 adalah 0,830 dan faktor 2 adalah -0,112), faktor fokus pada pelajaran (faktor 1 adalah -0,390 dan faktor 2 adalah 0,790), faktor hubungan guru dengan siswa (faktor 1 adalah 0,645 dan faktor 2 adalah -0,494), faktor motivasi belajar (faktor 1 adalah 0,593 dan faktor 2 adalah 0,407) dan variabel cara belajar siswa (factor 1 adalah 0,627 dan factor 2,446). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor kompetensi, faktor fokus pada pelajaran, faktor hubungan guru dengan siswa, motivasi belajar dan cara belajar siswa berada pada faktor pertama yang mempengaruhi efektivitas belajar matematika siswa dikarenakan nilai component matriks faktor pertamanya lebih besar dari faktor kedua. Sedangkan variabel fokus pada pelajaran berada di factor kedua dikarenakan nilai component matriks factor keduanya lebih besar dari factor pertama.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12865
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI YULIA SARI RAMADANI.pdf866.28 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.