Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12858
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Tri Puspita-
dc.date.accessioned2020-11-17T08:43:13Z-
dc.date.available2020-11-17T08:43:13Z-
dc.date.issued2017-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12858-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ? (2) Berapa persen pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ? (2) Untuk mengetahui berapa persen pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ? Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada kelas eksperimen dan menggunakan metode Konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal semester genap T.P 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen 30 siswa di kelas VIII-1 sedangkan untuk di kelas kontrol 30 siswa di kelas VIII-2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji hipotesis (uji-t) yaitu harga thitung = 4,624 setelah dibandingkan dengan ttabel = 1,832, ternyata thitung (4,624) > ttabel (1,832) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 57,3 %.en_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Active Knowledge Sharingen_US
dc.subjectKemampuan Belajar Matematikaen_US
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Belajar Matematika pada Siswa SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TRI PUSPITA SARI.pdf1.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.