Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12853
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Make a Match pada siswa Kelas III SD N 054000 Kec Besitang”
Authors: Khairida
Keywords: Kemampuan membaca,;Kemampuan menulis
Issue Date: 7-Jan-2017
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan siswa membaca dan menulis Al Qur‟an sebelum menggunakan metode pembelajaran Make a Match pada siswa kelas III SD N 054000 Kec. Besitang. 2) Kemampuan siswa membaca dan menulis Al Qur‟an setelah menggunakan metode pembelajaran Make a Match di kelas III SD N 054000 Kec. Besitang. Lokasi penelitian dilaksanakan di kelas III SD N 054000 Kec. Besitang yang terdiri dari 25 siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data lembar oservasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dimulai dari pemberian tes awal terhadap 25 siswa, diketahui terdapat 2 siswa (8%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an dan 23 siswa (92%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an , 6 siswa (24%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an dan 19 siswa (76%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an. Kemudian pada pelaksanaan siklus I diketahui terdapat 5 siswa (20%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an dan 20 siswa (80%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an, 9 siswa (36%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an dan 16 siswa (64%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an. Kemudian pada pelaksanaan siklus II diketahui terdapat 14 siswa (56%) yang mendapat niai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an dan 11 siswa (44%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an, 18 (72%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an dan 7 siswa (28%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an. Selanjutnya, pada pelaksanaan siklus III diketahui terdapat 23 siswa (92%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an dan 2 siswa (8%) yang belum mendapat nilai keuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an, 25 siswa (100%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an dan 0 siswa (0%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12853
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.