Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12852
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Siti Purnama Sari-
dc.date.accessioned2020-11-17T08:39:28Z-
dc.date.available2020-11-17T08:39:28Z-
dc.date.issued2017-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12852-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran Cycle Learning ? (2) Apakah penerapan model pembelajaran Cycle Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kelas VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017 ? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kels VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017 dengan menggunakan model prembelajaran Cycle Learning. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Cycle Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kelas VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah mengukur tingkat aktivitas siswa, yaitu mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam belajar matematika. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan observasi. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 17 lakilaki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan 2 silkus yaitu dimulai dari tes awal, siklus I, siklus II. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk table dan diagram. Hasil observasi aktivitas siswa yang diperoleh pada tes awal 1.535 ( kurang ), meningkat 2,4 ( cukup ) pada siklus I, sampai pada siklus III meningkat Dengan demikian penelitian yang dilakukan dikelas VIII-2 Smp Swasta Bandung Medan telah terbukti ada peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Cycle Learning.en_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Cycle Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SITI PURNAMA SARI NASUTION.pdf1.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.