Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12832
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSuci, Sara Dinda-
dc.date.accessioned2020-11-17T08:30:41Z-
dc.date.available2020-11-17T08:30:41Z-
dc.date.issued2017-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12832-
dc.description.abstractRumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah penggunaan model investigasi kelompok efektif untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan bagaimanakah penerapan model investigasi kelompok yang efektif untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah model investigasi kelompok efektif untuk pemecahan masalah matematika dan Untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model investigasi kelompok untuk pemecahan masalah matematika siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Terpadu SMP Muhammadiyah 01 yang terdiri atas tiga kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah memilih sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIIT-1 SMP Muhammadiyah 01 sebagai kelas kontrol dan kelas VIIT-3 SMP Muhammadiyah sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes awal (pre-test), tes akhir (post-test) dan observasi. Observasi yang digunakan mengumpulkan data tentang kemampuan pemecahan masalah dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model Investigasi Kelompok sedangkan tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk tes uraian sebanyak 10 soal. Dari hasil ketuntasan belajar siswa dikelas pada materi Segi Empat dengan persentase rata-rata adalah 16,6% pada pertemuan pertama, lalu pada pertemuan kedua meningkat dengan persentase rata-rata adalah 80%. Hasil aktifitas belajar siswa hasil analisis diperoleh bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa yakni dari persentase rata-rata pada pertemuan pertama adalah 71,6% dengan kriteria aktif, dan pada pertemuan kedua dengan persentase rata-rata adalah 81,43% dengan kriteria aktif. Dari penilaian kemampuan guru yakni dari persentase rata-rata pada pertemuan pertama adalah 80% dengan jumlah nilai observasi 64, dan pada pertemuan kedua persentase rata-ratanya adalah 92,5% dengan jumlah nilai observasi 74. Respon siswa diperoleh adanya peningkatan yakni dari persentase rata-rata pada pertemuan pertama adalah 77,6% dengan kategori cukup positif, dan pada pertemuan kedua dengan persentase rata-rata adalah 84% dengan kategori positif.en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Investigasi Kelompoken_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Model Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Muhammdiyah 01 Medan T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SARAH SARA DINDA SUCI.pdf1.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.