Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1281
Title: Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Berpikir Positif Dalam Menghadapi Masalah Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 15 Islam Terpadu Binjai Tahun Ajaran 2018/2019
Authors: Susanto, Ari
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok;Berpikir Positif;Masalah Belajar
Issue Date: 25-Sep-2019
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan berpikir positif dalam menghadi masalah belajar siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses memasukan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran yang konstruktif (membangun) bagi perkembangan pikiran. Pikiran positif menghadirkan kebahagian, sukacita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan tindakan. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan berpikir positif dalam menghadapi masalah belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Islam Terpadu Binjai. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Purposive Sampling. Untuk memperoleh data yang pasti dan relative cepat dalam menghimpun data atau informasi peneliti menggunakan instrument berupa observasi dan wawancara. Berdasarkan data diatas mengenai layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 15 Islam Terpadu Binjai Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 8 orang yang teridentifikasi pada kegiatan layanan pertemuan pertama masih belum adanya perubahan. Dan dilakukan pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok yang kedua adanya peningkatan cara berpikir positif pada siswa. Sebanyak 6 orang dikategorikan adanya peningkatan dalam dirinya dan sebanyak 2 orang masih belum terlihat adanya perubahan dalam dirinya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1281
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ari Susanto.pdfFulltext6.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.