Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12817
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTanjung, Rahmat Juliandi-
dc.date.accessioned2020-11-17T08:24:26Z-
dc.date.available2020-11-17T08:24:26Z-
dc.date.issued2017-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12817-
dc.description.abstractKomunikasi berperan penting dalam segala aspek kehidupan, karena memberikan sumbangsih besar dalam proses penyampaian pesan berupa informasi dan pengetahuan khusunya dalam pendidikan. Bagaimana mungkin memberikan informasi tanpa melakukan komunikasi, mengajar manusia tanpa berkomunikasi. Pelaku komunikasi dalam dunia pendidikan adalah guru sebagai komunikator dan anak didik sebagai komunikan. Seorang guru harus mempunyai kompetensi komunikasi yang baik dalam memberikan pesan atau materi pelajaran agar terciptanya kondisi belajar interaktif antara guru dan peserta didik maupun peserta didik dengan peserta didik lainnya sehingga menghasilkan generasi dan SDM cerdas dan tercapainya tujuan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi komunikasi guru dalam menciptakan suasana belajar interaktif di SDN 013871 Sei Suka Deras Kabupaten Batu Bara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme, teori ini menjelaskan bagaimana kemampuan atau kecakapan individual dalam berkomunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian dengan narasumber 10 (sepuluh) orang yang terbagi yang terbagi menjadi 6 (enam) orang guru kelas dan 4 (empat) orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi komunikasi guru SDN 013871 Sei Suka Deras sudah cukup baik, itu dilihat dari kemampuan guru memberikan pesan atau materi pelajaran sehingga dipahami dengan baik oleh peserta didik, mengelola kelas dengan baik, dan menggunakan komuniaksi verbal dan nonverbal dengan baik.en_US
dc.subjectKompetensi komunikasien_US
dc.subjectKompetensi guruen_US
dc.subjectBelajar interaktifen_US
dc.titleKompetensi Komunikasi Guru Dalam Menciptakan Suasana Belajar Interaktif Di SDN 013871 Sei Suka Deras Kabupaten Batubaraen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf520.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.