Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12803
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAdrianti, Mutiara-
dc.date.accessioned2020-11-17T08:19:35Z-
dc.date.available2020-11-17T08:19:35Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12803-
dc.description.abstractAdapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran MATRIX untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 5 Medan T.P 2016/2017? Apakah penerapan metode pembelajaran MATRIX dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 5 Medan T.P 2016/2017? Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran MATRIX dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran MATRIX dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 5 Medan yang berjumlah 27 orang, dengan jumlah siswa lakilaki 17 orang dan jumlah siswi perempuan 10 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar matematika siswa yaitu berbentuk uraian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran dengan hasil tes awal 25,93% dan pada siklus I meningkat menjadi 51,85% dan pada siklus II menjadi 74,07% dan pada siklus III menjadi 88,89% atau ditinjau dari tingkat ketuntasan hasil belajar maka dari hasil tes awal diperoleh 20 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus I diperoleh menjadi 13 siswa dan pada siklus II menjadi 7 siswa dan pada siklus III menjadi 3 siswa. Dan dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan awal memperoleh 74,07% dan siklus I 48,15% dan siklus II 25,93% dan siklus III 11,11%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran MATRIX dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 5 T.P 2016/2017.en_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.subjectMetode Pembelajaran MATRIXen_US
dc.titlePenerapan Metode Pembelajaran MATRIX Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 5 Medan T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUTIARA ADRIANTI.pdf821.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.