Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12802
Title: Perbandingan Hasil Belajar Maatematika Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan Team Assisted Individuallyzation Pada Siswa SMP Muhammadiyah 06 Belawan T.P 2016/2017
Authors: Sari, Rafika
Issue Date: Nov-2016
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction. Untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individuallyzation. Untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction lebih baik daripada model pembelajaran Team Assisted Individuallyzation dikelas VII SMP Muhammadiyah 06 Belawan t.p 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 264 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII-2 yg berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 1 adalah 58,06 dan nilai rata-rata post-test adalah 66,43. Sedangkan untuk kelas eksperimen 2 rata-rata nilai pretest adalah 59,5 dan rata-rata post-test adalah 81,83. Dan hasil perhitungan menggunakan uji pihak kanan diperoleh harga t’ = 46,06 setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 1,70 ternyata t’ > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan “bahwa hasil belajar matematika sisw a yang menggunakan model Team Assisted Individuallyzation lebih baik dari pada menggunkn model Explicit Instruction di kelas VII SMP Muhmmadiyah 06 Belawan T.p 2016/2017
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12802
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RAFIKA SARI.pdf1.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.