Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12791
Title: Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017
Authors: Haryono, Kirana Putri
Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining;Motivasi Belajar siswa
Issue Date: 2017
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining pada siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. 2) Apakah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining pada siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. 2) Untuk mengetahui penerapan student facilitator and explaining terhadap motivasi belajar siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining. Instrumen yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-5 MTs Negeri 3 Medan yang berjumlah 44 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki – laki dan 29 orang siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student facilitator and explaining. Perolehan hasil penelitian bahwa motivasi yang terjadi tiap-tiap siklus terjadi peningkatan, Hasil persentase observasi motivasi pada tahap awal 39,28% terjadi peningkatan pada siklus I mencapai 67,68% terjadi peningkatan lagi pada siklus II mencapai 85,22%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12791
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KIRANA PUTRI HARYONO.pdf1.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.